PENINGKATAN AKREDITASI BAN-PT DAN LAM, UMMAT GANDENG UM MALANG

MATARAM – Dalam rangka sharing kebijakan BAN-PT dan LAM terkait pengajuan Reakreditasi UMMAT menggandeng UM Malang. Kegiatan sharing ini berlangsung pada hari Jumat, 27 Mei 2022 di Aula lantai 3 Gedung Rektorat UMMAT yang diikuti oleh kurang lebih 100 orang peserta. Sedangkan tim dari UM Malang yang datang ke UMMAT adalah Kepala UPT Akreditasi dan Pemeringkatan, Kepala Devisi dan Tim SAPTO/SAPTA, Dr. Surya Anoraga, SH., M.Hum. Drs. Marhan Taufik, M.Si., Drs. Sudjalil, M.Si., M.Pd., Drs. Warsono, M.M., Alimin Adi Waloyo, S.Pd., M.App.Ling., Evi Dwi Wahyuni, S.Kom., M.Kom., Dewi Sulistiyowati, S.T., Sambha Ekky Septian A.C., SE.


Secara umum, Akreditasi adalah penilaian terhadap kelayakan dan pemeringkatan suatu program studi atau jurusan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) dan digunakan sebagai pengakuan dari badan atau instansi yang lain. Secara institusi kampus, UMMAT telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat “B” berdasarkan surat keputusan nomor 2145/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2016 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
Acara sharing ini dibuka oleh Warek 2 UMMAT Siti Lamusiah, M.Si., dan dihadiri oleh Civitas Akademika, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Gugus Kendali Mutu, Kepala Lembaga, dan Kepala Biro dilingkup UMMAT. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kualitas akreditasi unggul, meningkatkan kolaborasi internasional, dan meningkakan mobilitas antar dan lintas sektoral.
Wakil Rektor 2 dalam sambutannya mewakili Rektor UMMAT sangat mengapresiasi kunjungan tim dari UPT Akreditasi dan Pemeringkatan UM Malang dalam rangka memperkuat akreditasi unggul di Universitas Muhammadiyah Mataram.
Ketua LPM UMMAT Dr. Junaidin, M.Pd berharap pada para civitas akademika yang hadir bisa memahami instrument akreditasi baik oleh BAN-PT ataupun LAM karena akreditasi ini yang dinilai adalah kualitas program studi ataupun kualitas fakultas yang dikelola oleh pimpinan fakultas ataupun pimpinan program studi.
“Harapan kepada gugus kendali mutu fakultas maupun unit kendali mutu program studi dapat mendukung dokumen program studi ataupun fakultasnya yang akan di akreditasi,” ungkapnya.
Output Kegiatan ini agar Civitas akademika UMMAT, mendapatkan pemahaman dan penguatan dalam pengajuan akreditasi baik melalui BAN-PT maupun LAM. Prodi yg masa kadaluarsa tinggal 1 bulan lagi terdiri dari prodi sejarah dan matematika on progres yg target diawal juni sudah diunggah ke LAMDIK, Prodi PGMI statusnya menunggu invoice pembayaran tahap II, Prodi Ekonomi Syariah On proses masih dalam pemantauan BAN-PT dan LAM.
Manfaat lain dari kegiatan ini adanya penguatan bagi pemegang akun sapta, sapto atau pemegang akun LAM karena pengusulan akreditasi sekarang secara sistem ada pada LAM maupun sistem sapta dan sapto.

Share this news